Wellcome to my blog

Boxed Width - True/False

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, February 8, 2019

Mouse Tiba-tiba Tidak Merespon? Ternyata ini Penyebab Utama yang Sering Kita Sepelekan.




Mouse adalah perlengkapan dari PC yang memudahkan kita dalam menggerakkan kursor pada layar komputer. Pada laptop mungkin fungsi mouse masih bisa di abaikan,tapi jika kita menggunakan komputer,maka peran mouse sendiri tentulah sangat penting,,tanpa mouse mungkin bisa diibaratkan orang yang buta tanpa tongkat :D

Pasti banyak di antara kita yang pernah mengalami, tiba-tiba kursor pada layar tidak bergerak padahal kita sudah menggerakkan mouse. Pasti bingung kan? Lalu apa sih penyebab mouse tiba2 tidak merespon?

Banyak hal yang mempengaruhi,salah satunya adalah jika kita terlalu lama membiarkan PC kita dalam keadaan Sleep. Mungkin kita menganggap me-Sleep kan Pc adalah biasa saja dan tidak akan menimbulkan masalah, namun ternyata terlalu sering dan terlalu lama membiarkan komputer dalam keadaan Sleep juga akan mempengaruhi kinerja mouse kita. Kenapa? karena dalam keadaan sleep mouse tetap menggerakkan kursor apalagi pada saat ada getaran -getaran di sekeliling mouse itu sendiri. Lalu lama kelamaan mouse akan "lelah" dan tak lagi merespon getaran bahkan saat kita menggerakkannya ketika sudah mengaktifkan PC kembali.

Penyebab lainnya masih banyak sekali,seperti karena terjatuh, karena kabel terputus,karena sensor sudah tidak berfungsi dengan baik,karena bidang alas untuk mouse tidak sesuai,misalnya terlalu kasar atau keras,dan masih  banyak lagi.

Ketika terjadi suatu saat,mouse benar2 tidak menggerakkan kursor,atau tidak berfungsi dengan baik,segera shut down komputer,tunggu beberapa saat,lalu restart ulang,dan masalah akan selesai.

Lalu bagaimana caranya agar mouse selalu berfungsi dengan baik?

Kita bisa mulai dengan tidak terlalu sering atau terlalu lama meng-Sleep komputer. Jika sekiranya kita tidak ingin menggunakan komputer sebaiknya Shut down saja dan jangan lupa menyimpan dulu semua pekerjaan yang belum terselesaikan dalam komputer agar tidak hilang.

Jika kita terpaksa meng-Sleep,sebaiknya kita cabut mouse dulu agar mouse tidak lelah mennggerakkan kursor pada saat komputer dalam keadaan sleep. Cabut dengan cepat namun 1 arah dan hati-hati agar lubang USB tidak semakin longgar jika kita harus melakukan ini berkali kali.

Jika kita menggunakan wireless mouse maka sebaiknya nonaktifkan dulu selama komputer sleep,dan hidupkan lagi ketika kita sudah siap menggunakan komputer kembali.

Gunakan juga alas mouse yang sesuai. Jangan asal asalan memakai sesuatu untuk alas mouse karena dampaknya juga akan berpengaruh pada kinerja mouse.

Selalu jaga juga kabel mouse agar tidak terlalu terlipat atau tertekan untuk mencegah putusnya  tembaga halus dalam kabel mouse.

Masih banyak lagi cara merawat mouse,yang jelas perlakukan selalu mouse dengan baik dan penuh kasih sayang :D karena jika mouse ngambek atau ngadat kita juga yang akan pusing bukan .?..*

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot