Wellcome to my blog

Boxed Width - True/False

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday, October 18, 2018

Cacar Air mulai Kering

Assalamualaikum dears.....

Masih tentang cacar air yang sedang aq alami saat ini yaa..

Seperti tulisan di postingan aq yang sebelumnya, aq kena cacar air di umurku yang sudah menginjak usia 30 tahun..
Dan seperti yang aq tau setelah baca beberapa artikel bahwa cacar air yang menyerang orang dewasa cenderung lebih parah di bandingkan pada anak2 sepertinya aq membenarkan pernyataan tsb.

Seperti kita ketahui bahwa penyakit cacar air itu disebabkan oleh virus yang ada dalam tubuh kita, yanh disebut sebagai Virus Varicela Zoster. Virus ini menyebar melalui udara, di tularkan oleh penderita cacar melalui batuk/ bersin penderita, atau karena lentingan cairan yang berisi virus tsb yang pecah dan tersentuh oleh orang lain yang dalam keadaan kekebalan tubuh yang sedang tidak baik atau menurun sangat besar kemungkinan untuk tertular.


Aq sendiri mungkin tertular dari anak kecilku yang berumur hampir 6 tahun.. sebelumnya teman2 sekelasnya bergantian terkena cacar air ini, kemudian anakq juga, tetapi Alhamdulillah tidak terlalu parah..sampai akhirnya aq yang terkena cacar air yang tidak pernah aku bayangkan bakalan menular ke aq.

Awal gejala cacar ini tidak aku sadari karena gejala nya mirip dengan flu, yaitu demam, sakit kepala, berlanjut dengan rasa mulas di perut, nyeri otot, badan terasa pegal2 semua,dan besoknya mulailah muncul lentingan yang berisi cairan yang dalam waktu beberapa hari jumlahnya makin banyak dan merata di sekujur tubuh.tapi di aku yang paling parah ada di wajah, dada dan punggung.. lumayan besar2 dear sebesar biji jagung dan berisi cairan. Rasanya panas gatal dan cekit2 terutama yang di wajah.


Sebenarnya cacar air ini bisa sembuh tanpa penanganan khusus karena di sebabkan oleh virus tadi, namun alangkah baiknya jika kita juga berusaha untuk meminimalisir gejalanya dengan beberapa langkah seperti :

> mandi teratur, atau bisa diberi tambahan cairan antiseptik untuk mengurangi rasa gatal dan agar jika ada kemungkinan ada lentingan yang pecah, cairan tidak menyebar ke bagian kulit lain yang belum terkena
> minum obat, ketika aq konsultasi ke dokter mereka memberikan obat berupa
-acyclovir (pil antivirus)
-vitamin untuk menumbuhkan nafsu makan yang hilang
- dan ada beberapa obat lain yang tidak saya ketahui nama dan kegunaannya.
- untuk obat luar saya membeli sendiri salep antivirus acyclovir 5% dengan harapan agar lentingan cepat kering dan tidak terjadi infeksi pada lentingan yang tidak sengaja terpecahkan akibat sentuhan atau gesekan.

Kurang lebih 2 minggu lentingan cacar air aq baru mengering.tiap orang berbeda lama penyembuhannya berdasarkan sistem kekebalan masing, dan mungkin aq termasuk yang berdaya tahan tidak terlalu kuat jadi agak lumayan lama penyembuhannya.


Dan hari ini udah masuk hari ke-15 dari pertama kali lentingan muncul, rata2 semua lentingan sudah jadi keropeng yang kering, ada juga yanh sudah mengelupas dengan sendirinya, ada juga yang terkelupas karena tergaruk oleh saya sendiri,, hihiiks... dan yang di wajah masih belum lepas juga keropengnya sampai sekarang tp sya biarkan saja sampai lepas sendiri karena takut meninggalkan bekas.

Cukup sekian dulu ya dears lanjutan ceritanya, mungkin besok bakal aq sambung lg ketika semua keropeng cacar nya sudah lepas .trims ya yang udah mampir..semoga postingan ini bermanfaat ya.. 

Wassalamualaikum....

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot