Wellcome to my blog

Boxed Width - True/False

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, January 4, 2019

Penyebab Jerawat & Cara Mengatasinya



Jerawat tak lagi dianggap sebagai hal yang sepele oleh sebagian besar wanita. Bukan hanya dari rasa gatal atau sakit yang dibawanya namun juga dari sisi penampilan yang sangat mengganggu dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Banyak sekali hal yang ternyata menyebabkan munculnya jerawat yang terkadang tidak kita sadari. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya jerawat dan cara mengatasinya.
  • Malas cuci muka.
Wajah kita tak pernah lepas dari kotoran, baik itu debu dan polusi,maupun minyak yang di produksi oleh wajah kita sendiri. Jika hal ini dibiarkan maka kulit akan mengeluarkan kotoran tersebut dari dalam pori dalam bentuk jerawat. Jadi sebaiknya kita rutin mencuci muka kita dengan sabun muka minimal 2xsehari agar terbebas dari kotoran dan pastinya mencegah munculnya jerawat.
  • Debu & Polusi
Ketika kita sedang melakukan aktivitas di luar luar, tentunya debu dan polusi sangat sulit untuk dihindari. Debu & Polusi ini dengan mudah bisa menempel pada wajah apalagi ketika wajah kita sedang berkeringat ataupun berminyak. Namun terkadang ketika kita ingin segera membersihkan wajah,terhalang oleh aktifitas itu sendiri yang belum memungkinkan kita untuk kembali ke rumah. Jika anda sedang mengalami hal demikian,maka salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan pembersih wajah instan. Produk semacam ini biasanya mengandung Alkohol,jadi sebaiknya hanya gunakan pada saat kita dalam situasi darurat saja,(seperti situsi di atas) karena pemakaian alkohol terlalu sering juga tidak disarankan untuk kulit wajah kita.
  •  Efek pemakaian kosmetika berbahaya
SEkarang ini banyak sekali kosmetika yang menjanjikan wajah yang putih dengan instan. Dan mirisnya kosmetika tersebut adalah kosmetika yang ternyata tidak baik bagi kulit wajah kita. Diantaranya karena kandungan berbahaya seperti merkuri,hydroquinon,dll. Memang ketika kita menggunakan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tadi,kulit wajah akan halus,putih,dan tampak glowing secara instan, namun ketika kita stop pemakaian yang terjadi adalah jerawat akan muncul karena proses detoksifikasi dari kulit kita sedang bekerja untuk mengeluarkan racun2 tadi. Dan parahnya biasanya jeawat yang muncul bukanlah jerawat biasa tetapi jerawat batu yang terkadang juga disertai dengan nanah. Jadi buat kita yang ingin kulit wajah yang cantik dan sehat,tanpa efeksamping ketika kita lepas pemakaian sebaiknya kita gunakan kosmetika yang telah terbukti aman dan tidak mengandung zat berbahaya demi aset wajah yang sehat.
  • Pola Makan
Pola makan yang salah juga menyebakan munculnya jerawat. Contohnya adalah mengkonsumsi makanan yang berminyak, tinggi lemak dan juga makanan pedas cenderung bisa memunculkan jerawat. Apalagi jika kita mengkonsumsinya dengan porsi yang berlebih maka jerawat akan lebih rentan muncul pada wajah. Namun jika memang kita tidak bisa lepas dari jenis makanan tsb maka imbangilah dengan minum lebih banyak air putih untuk menetralisir zat2 tersebut di atas.
  • Kurang Tidur
Istirahat yang cukup juga memiliki peran penting dalam mencegah munculnya jerawat, jadi buat anda yang suka begadang lebih baik kurangi dan beristirahatlah sekurang-kurangnya 6 jam perhari atau dengan kebutuhan istirahat normal yaitu 8jam perhari.
  • Kosmetik yang Tidak Sesuai
Dalam memilih kosmetik tentu saja tidak bisa seenaknya,apalagi buat kita yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Jadi sebelum membeli kosmetik tidak ada salahnya kita memilih yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jika kita tidak mengert kita bisa bertanya pada ahli kecantikan atau pada Beauty Advisor yang biasanya sealu ada pada tiap counter kosmetik.
  •  Kebiasaan mengusap atau menggaruk wajah.
Tanpa kita sadari terkadang kita selalu menyentuh atau menggaruk wajah ketika kita merasa tidak nyaman atau mungkin ketika ada rasa gatal yang timbul. Kita tidak sadar bahwa keika beraktifitas tangan kita mungkin saja sudah mengandung banyak kuman dan bakteri. Dan tanpa kita sadari juga kuman dan bakteri tsb bisa berpindah ke wajah ketika kita menyentuh wajah dan menimbulkan jerawat di keesokan harinya. Jadi sebaiknya ketika kita merasakan ada rasa gatal ataunpun kurang nyaman cukup kita gunakan handuk bersih yang telah dibasahi dengan air hangat,jangan menyentuh atau menggaruknya. Namun jika tidak bisa menggunakan handuk dan air hangat kita bisa menggunakan tissue untuk mengusapnya secara perlahan,sekali lagi tanpa menggaruk.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot